Thursday, June 4, 2020

Sa Papua Sa Indonesia




Ada dua tipe orang :

1. yang bersimpati dan berharap papua punya negara sendiri
2. menyuarakan dan mendukung papua merdeka dengan tindakan

golongan 1 termasuk gue, adalah orang2 yang tidak melanggar hukum


golongan 2 mendukung separatisme yang jelas melanggar konstitusi..
Gue paham apa yang dirasakan sjw2 karna mungkin gue juga merasakan hal yang sama. Tapi bersimpati dengan orang Papua tidak mesti mendukung atau mendorong mereka bikin negara sendiri.

Gue juga gak habis pikir, seolah2 kalau Papua merdeka, maka hidup mereka akan lebih baik. Untuk saat ini? Gue rasa enggak mungkin.

Menurut gue permasalahan Papua akarnya adalah tidak meratanya pembangunan ekonomi. Walaupun bukan pendukung Jokowi, gue acungi jempol karna di pemerintahan Jokowi, Papua sudah mulai diperhatikan.

Banyak yang bilang Papua harusnya negara merdeka karna secara ras pun berbeda dengan orang di Indonesia barat yang merupakan ras melayu, secara kultur pun Papua berbeda dengan Indonesia Barat. kalo ini gue gak setuju, sejak kapan negara harus satu ras dan satu kultur?

Membangun Papua bukan pekerjaan mudah, gue rasa siapapun presidennya gak akan bisa menyulap Papua menjadi daerah maju dalam sekejap. Semua butuh waktu dan proses.

Yang bisa kita lakukan adalah terus menekan pemerintah pusat agar terus berupaya membangun Papua tidak hanya infrastruktur tapi juga SDM nya.

Gue juga berharap semakin banyak orang Papua yang migrasi ke pulau2 lain di Indonesia supaya kita bisa akulturasi dan asimilasi. Dan kalau ada yang berlaku rasis sama2 kita dorong supaya orang2 rasis ini ditindak, bukan pekerjaan mudah memang, tapi kita harus coba

Sekali lagi, menurut gue mencintai Papua tidak harus mendorong mereka merdeka. Sekesal2nya gue dengan apa yang terjadi di Indonesia, hati kecil gue masih mencintai negara ini. Gue berharap Indonesia menjadi negara yang bangsanya solid. Bangsa yang mencintai kultur masing2, tapi membeda2kan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...