Sunday, December 8, 2019

Catatan Akhir Tahun 2019 (Kebahagiaan yang Bersifat Sementara)



2019 adalah tahun yang luar biasa. Tahun ini saya mengambil keputusan besar dengan resign dari perusahaan tempat saya pertama kali bekerja. Sebuah mimpi enam tahun lalu untuk bisa bekerja di luar negeri yang terwujud dan akhirnya saya buang begitu saja. Walaupun pada akhirnya saya tetap bekerja di perusahaan luar negeri.

Tanpa terasa  saya berada di 8 negara berbeda untuk tahun ini:

-Indonesia
-Philippines
-Turkey
-Serbia
-Thailand
-Laos
-India
-Vietnam

Saya ingat di 2010 waktu baru masuk SMA, ketika menonton film Sang Pemimpi adaptasi novel karya Andrea Hirata, ada seorang pelayar yang bercerita bahwa dia sudah pernah menginjakkan kaki di Jepang, terucap dalam hati "beruntung sekali orang ini sudah pernah lihat Jepang" Dan 7 tahun kemudian.. saya menginjakkan kaki di negeri sakura itu.

Kini ke luar negeri rasanya biasa saja. Pertama kali ke luar negeri itu ke Malaysia di 2015, saya mengitung tanggal di kalender, tidak sabar. Dan ketika menginjakkan kaki disana, kebahagiaan luar biasa yang saya rasakan. Tidak sampai menangis tapi hampir meneteskan air mata karna terharu. Dalam hati saya berujar "Sekarang saya ada di luar negeri" 

 Lalu apa pelajaran terbesar yang saya dapatkan?

Terlahir dari keluarga sederhana, banyak hal yang saya inginkan, yang saya harus perjuangkan sendiri. Saya suka berangan-angan dan juga berandai-andai.

Mungkin karna nasib baik saya hampir selalu mendapatkan banyak hal yang saya inginkan sejak dulu... 

Saya berpikir kalau saya bisa mendapatkan apa yang saya inginkan, pasti saya akan bahagia, ternyata saya salah...

Lalu kenapa ketika hidup saya berjalan baik, saya justru merasa tidak bahagia? Saya justru merasa depresi, frustrasi, dan bahkan ingin mati saja? Well.. bahkan saya sendiri tidak tau kenapa. Aneh bukan?

Dan itu memberikan saya sebuah pelajaran berharga. Bahwa kebahagiaan atas memiliki atau meraih sesuatu,  hanya bersifat sementara.

"Mendapatkan apa yang kita inginkan akan membuat kita bahagia, tapi kebahagiaan yang hakiki akan datang ketika kita bisa menerima keadaan disaat kita tidak punya apa-apa."

Terima kasih 2019.

2020 saya berjanji akan menjadi tahun yang lebih baik, dan dengan kepribadian saya yang juga akan lebih baik!

1 comment:

  1. Play csino now! | Online Casino
    Play csino games for fun. With our free 온라인카지노 games you can play against other players, compete against other people and 카지노사이트 get to m88 ทางเข้า know the rules of the game.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...