Monday, April 13, 2020

Top 10 Komika Indonesia Terfavorit (Stand Up Comedy)


Sumber gambar : Youtube Raditya Dika


Stand up comedy merupakan salah satu genre komedi yang menampilkan seorang komedian atau komika menceritakan tentang keresahannya di atas panggung.

Formula dari stand up comedy sendiri terdiri dari set up dan punchline. Set-up adalah bagian yang tidak lucu dari sebuah bit, biasanya premis atau pengantar dari bit tersebut ke bagian yang lucu. Punchline adalah bagian yang lucu cari sebuah bit.


Namun yang mau saya bahas kali ini bukan teori stand up comedy, tapi deretan komika Indonesia yang sejak tahun 2011 sampai saat ini menurut saya merupakan stand up comedian terfavorit di Indonesia.


Ini adalah opini pribadi dari penulis yang sejak 2013 telah mengikuti perkembangan salah satu seni yang awalnya berkembang di Amerika Serikat ini. Tentunya pembaca berhak memiliki penilaian sendiri mengenai komika favoritnya.


10. Indra Frimawan


Komika absurd yang menjuluki dirinya Prince of Mind Blowing Comedy ini merupakan juara 3 dari kompetisi stand up comedy Indonesia atau disingkat SUCI season kelima yang diadakan oleh Kompas TV.


Salah satu tur stand up comedy Indra Frimawan "Pengakuan" merupakan salah satu tur dengan digital download paling laku di comika.id, sebuat platform digital yang didirikan oleh Pandji Pragiwaksono


Berikut link jika pembaca ingin membeli digital download Pengakuan:

https://comika.id/shop/digital-download/indra-frimawan-digital-download/pengakuan-digital-download/




9. Mo Sidik


Mo Sidik merupakan satu dari segelintir komika Indonesia yang sering membawakan materi stand up comedy berbahasa Inggris. Beliau bahkan pernah tampil di Comedy Central Asia dan juga pernah tampil di Afghanistan serta beberapa negara lainnya.


Mo Sidik merupakan pendiri dari Ketawa Comedy Club. Satu-satunya comedy club di Indonesia yang acaranya sering diisi oleh komika - komika top Indonesia. Beliau juga merupakan jebolan kompetisi stand up SUCI 1 Kompas TV.


Materi Mo Sidik terutama mengenai keresahannya sebagai orang gemuk.





8. Reggy Hasibuan

Reggy Hasibuan merupakan orang Indonesia pertama yang mengupload video standup nya di Youtube dan juga merupakan komika Indonesia berbahasa Inggris.


Sayangnya tidak banyak video stand up dari komika yang identik dengan baju dengan motif bendera Vietnam ini. Beliau pun jarang tampil di TV dibanding komika - komika top lainnya. Meskipun begitu, Reggy tetap masuk dalam 10 besar komika favorit versi penulis.





7. Muhadkly Acho


Acho Merupakan komika Indonesia yang selain sukses sebagai komika juga sering bermain film layar lebar. Beberapa film yang pernah dibintanginya seperti misalnya Bajaj Bajuri The Movie, Kapal Goyang Kapten, Surga yang tak Dirindukan, dan lain - lain.


Meskipun tidak pernah mengikuti kompetisi standup di TV, nama Acho cukup disegani oleh Stand up comedian lain di Indonesia karna materi - materinya yang lucu.


Acho merupakan komika yang muncul di awal - awal berkibarnya bendera stand up comedy di Indonesia





6. Babe Cabita


Babe Cabita yang memiliki nama asli Priya Prayogha Pratama ini merupakan juara SUCI 3 Kompas TV.


Komika yang perawakannya mengingatkan kita pada almarhum komedian Budi Anduk ini merupakan salah satu komika paling terkenal dan sukses di Indonesia


Komika asal Sumatera Utara ini juga cukup aktif di youtube dan sekarang sudah memiliki lebih dari 400ribu subscriber. Babe juga pernah membintangi beberapa film, salah satunya film karya Raditya Dika yaitu Single.


Selain itu Babe juga pernah menjadi juri kompetisi stand up comedy yang diadakan oleh Indosiar SUCA (Stand Up Comedy Academy) dan sering tampil di layar kaca.




5. Dodit Mulyanto


Dodit Mulyanto merupakan salah satu komika papan atas Indonesia. Jebolan SUCI 4 ini memiliki video stand up yang sudah ditonton sebanyak 26 juta kali di youtube dan merupakan video stand up dengan penonton terbanyak di Indonesia bahkan mengalahkan Raditya Dika.


Dodit juga pernah membintangi sitcom OK-JEK Net TV. Meskipun tidak menjuarai kompetisi, ketenaran Dodit mampu mengalahkan komika - komika jebolan SUCI lainnya. Dodit juga aktif di youtube dan sering bermain film.


Salah satu catchphrase Dodit yang paling memorable adalah "Pria Jawa yang memegang erat budaya Eropa". Dodit hampir tidak pernah ngebom alias tidak lucu ketika tampil di atas panggung. Setiap bit nya selalu mengundang tawa, dan punchline nya mampu membuat kita tertawa terbahak-bahak.





4. Soleh Solihun


Soleh Solihun juga merupakan salah satu komika Indonesia yang muncul di awal - awalnya berkibarnya stand up comedy di Indonesia. Soleh Solihun juga tidak pernah mengikuti kompetisi stand up comedy di TV.


Komika yang hampir tidak pernah terlihat melakukan act out ini, memiliki materi - materi yang nyeleneh, dan bahkan cukup berani. Soleh merupakan mantan jurnalis yang sekarang berada dibawah naungan HAHAHA Corp, sebuah manajemen artis dibawah naungan komika papan atas Ernest Prakasa.


Soleh juga memiliki kanal youtube dan sering mewawancarai seleb papan atas Indonesia. Uniknya video wawancara ini direkam dengan handphone dan bahkan tanpa melewati proses editing. Namun video wawancaranya sangat bisa dinikmati karna kemampuan Soleh dalam menggali informasi dari seleb yang diwawancarainya.





3. Ryan Adriandhy


Juara kompetisi SUCI 1 ini merupakan komedian yang sangat cerdas. Ryan merupakan salah satu founder stand up comedy di Indonesia bersama Pandji Pragiwaksono, Ernest Prakasa, Isman HS, dan Raditya Dika.


Sempat menghilang dari dunia stand up pasca menjuarai kompetisi. Ternyata Ryan melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat dan hebatnya lagi lewat salah satu beasiswa bergengsi dan paling diincar oleh mahasiswa di Indonesia.


Tidak hanya komedi, Ryan juga memiliki passion di dunia Animasi. Bahkan ia terlibat dalam projek layar lebar Nussa, sebuah serial animasi asli Indonesia yang akan diangkat ke layar lebar dan sudah ada trailernya di Youtube.


Selain itu Ryan juga pernah bermain di serial komedi Malam Minggu Miko, sebuah mokumenter yang juga sempat ditayangkan di Kompas TV. Malam Minggu Miko sendiri merupakan salah satu karya yang melambungkan nama Raditya Dika di dunia komedi Indonesia.


Meskipun sempat vakum lama di dunia stand up, Ryan tetaplah komika Indonesia yang penampilannya selalu ditunggu - tunggu. Di usianya yang masih muda, Ryan berpotensi menjadi komika legendaris Indonesia.


Penulis sendiri pernah membeli digital download dari performance stand up comedy nya Ryan Adriadhy yang bertajuk "From Tiny to Funny" dan "Little Men Big Problem"


Link Pembelian : https://comika.id/ryan-adriandhy/


Siapapun yang menonton dua pertunjukan stand up comedy ini penulis yakini akan langsung memasukkan Ryan kedalam list komika favoritenya.





2. Pandji Pragiwaksono


Pandji Pragiwaksono bisa dibilang komika paling sukses dan paling besar di Indonesia. Pandji juga merupakan komedian pertama Indonesia yang pernah dan masih melakukan world tour hingga saat ini. Bahkan menjadi pembuka world tour Pandji sering menjadi hal yang diidam-idamkan oleh komika tanah air.


Komika yang konsisten melakukan tur dunia ini merupakan presenter Indonesia yang sudah lama malang melintang di dunia entertain dan mengawalinya karirnya sebagai penyiar.


Selain itu Pandji juga merupakan salah satu rapper Indonesia, walaupun karya rap mungkin menjadi karya Pandji yang paling kurang digemari dibandingkan show stand up comedy nya.


Selain prestasi, Pandji juga pernah punya beberapa kontroversi yang menjadi bumbu dalam karirnya. Komika hebat Indonesia ini juga tidak ragu untuk menunjukkan keberpihakannya pada beberapa politisi.


Salah satu keputusan Pandji yang banyak tidak disetujui oleh komika lain pada saat itu adalah menjadi Juru Bicara calon Gubernur Anies Baswedan yang di 2017 mampu menungguli incumbent Ahok dan menjadi Gubernur Jakarta terpilih hingga saat ini.


Jika ada hall of fame stand up comedy di Indonesia, nama Pandji sudah pasti akan masuk di dalamnya.


Pertunjukan komika yang konsisten menjadi juri atau presenter di kompetisi SUCI ini terkenal dengan harga tiketnya yang mahal namun selalu sold out dalam waktu yang cepat, serta pernah ditotonton oleh 5000 orang dalam satu kali penampilan.


Tidak heran karena pertunjukan stand up Pandji hampir selalu lucu dan juga penuh wawasan di dalamnya.


Komika paling produktif dan tentunya terbesar di Indonesia dibalik semua kontroversinya. Dan tentunya lebih layak disebut living legend dibanding Ram*n Papana.




1. Raditya Dika


Hal tersulit dari menulis post ini adalah menentukan siapa komika Indonesia terfavorit di urutan yang pertama.


Tapi akhirnya pilihan penulis jatuh pada Raditya Dika.


Setuju atau tidak, Radit adalah komika yang paling berjasa melambungkan stand up comedy di Indonesia melalui video - video nya di youtube.


Pria yang mengawali karirnya sebagai penulis ini terkenal dengan pertunjukkan stand up nya yang merajai youtube lewat SUCRD (Stand Up Comedy Raditya Dika).


Bersama Pandji, Raditya Dika merupakan mantan host SUCI 1 sampai akhirnya menjadi juri di season - season berikutnya.


Raditya Dika juga sempat menjadi youtuber dengan subscriber terbanyak di Indonesia sebelum disalip Atta Halilintar di tahun 2018.


Materi stand up Raditya Dika lebih ringan dan dekat dengan kehidupan sehari - hari membut segmen penontonnya lebih luas dibandingkan Pandji Pragiwaksono. Bahkan salah satu video stand up nya sudah ditonton oleh 21 juta kali di Youtube. Sebuah pencapaian yang hanya mampu dilampaui oleh Dodit Mulyanto.


Menariknya, video Dodit yang paling banyak penonton itupun berjudul "Pembalasan Buat Radit"!





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...